Sunday 5 November 2017

Mengenal Lebih Dekat Slash, Sang Dewa Gitar

Ketemu lagi di artikel keren Gomu Gomu Ku.
Kali ini Gomu Gomu Ku akan nge-share profil dan fakta unik dewa gitar lainnya yang sangat mendunia.

Slash, mantan gitaris Gun N' Roses ini lahir di London, Inggris, 23 Juli 1965, yang tidak hanya piawai bermain gitar tapi juga memiliki kemampuan menulis lagu. Slash sangat mudah di kenali dengan topi (sejenis topi sulap) dan kaca mata hitam yang sering digunakannya di atas panggung.


Pria dengan nama asli Saul Hudson ini mendapatkan gitar pertamanya dari sang nenek yang konon gitar tersebut hanya meiliki 1 senar. Sejak saat itu dia mulai mendalami permaianan gitar dari musisi kelas dunia semacam Eric Clapton, Rollin Stone, Aeroshmith, Jimmy Hendrix, Jeff Beck, dan Neil Young. Dan yang lebih hebatnya lagi bisa bermain dengan musisi-musisi yang dia kagumi di awal karirnya seperti Eric Clapton, Jimmy Hendrix, Michael Jackson, Paul Rogers, Jeff Beck dan musisi hebat lainnya merupakan kesempatan yang tak ternilai harganya bagi Slash.

Baca Juga :

Sebelum memutuskan fokus berkarir dalam dunia musik, kehidupan sekolahnya bisa dibilang begitu berantakan. Perceraian  kedua orang tuanya memberikan dampak tersendiri dalam kehidupannya kala itu. Ia sering bolos sekolah dan lebih memilih bermain gitar untuk melampiaskan segala permasalahan yang ia alami. Walaupun sekolahnya berantakan namun kehidupan sosial seorang Slash bisa dibilang cukup baik. Dia memiliki banyak teman di maa sekolahnya karena Slash dianggap sebagai pribadi yang menarik. Bahkan julukan "Slash" sendiri adalah sebutan yang diberikan teman-temannya.

Karena ingin lebih mendalami gitar, Slash memutuskan bergabung dengan sebuah band di LA. Disana dia bertemu Steve Adler dan memutuskan untuk membentuk  Road Crew. Kemudian mereka merekrut Axl Rose sebagai vokalis, Izzy Stradlin sebagai pemain gitar rythm, Dizzy Reed sebagai keyboardis, Matt Sorum sebagai drumer, dan Duff McKagen sebagai basis. Maka lengkaplah formasi grup Gun N' Roses yang resmi terbentuk pada tahun 1985.


Gun N' Roses begitu dikenal setelah merilis album pada tahun 1987 "Appetite for Destruction" dengan lagu hits mereka Sweet Childe O'Mine, Paradise Ciy, dan Welcome to The Jungle. Kemudian mereka merilis album G N' R Lies yang merupakan album akustik dengan lagu hits mereka Patience.

Setelah itu Gun N' Roses merilis dua album sekaligus yang juga meledak di pasaran. Album tersebut diberi nama Use Your Ilusion I dan Use Your Illusion II dengan lagu hits nan-fenomenal di dalamnya seperti Don't Cry, November Rain, Civil War, Knockin' on Heaven's Door, dan Estranged. Kemudian pada tahun 1993 Gun N' Roses merilis album The Spaghetti Incident ? namun album ini kurang meraih kesuksesan karenan berisika lagu-lagu daur ulang dari sejumlah musisi terdahulu.

Dengan meredupnya Gun N' Roses di belantika music, dan di tundanya sejumlah project album serta kurang harmonisnya hubungan antar personil, Slash memutuskan keluar dari Gun N' Roses. Sejumlah pengamat menilai hal ini dikarenakan perbedaan pendapat antara Axl Rose dan Slash. Axl menginginkan warna music tecno dalam lagu-lagu mereka, sedangkan Slash ingin Gun N' Roses lebih mengedepankan music rock dalam lagu-lagu mereka. Jadilah perpisahan antara Slash dan Gun N' Roses pada Oktober 1996 yang nantinya juga akan diikuti oleh personil lain.

Keluar dari Gun N' Roses, Slash membentuk grup band bernama Slash's Blues Ball yang lebih banyak bermain diseluruh club di daerah California. Slash juga telah merilis 3 album solo, seperti Slash (2010), Apocalyptic Love (2012), dan World on Fire (2014).

Sepanjang karirnya hingga saat ini, kemampuan Slash dalam bermain gitar sudah diakui oleh banyak orang, termasuk para kritikus musik. Majalah time memasukkan dirinya dalam daftar sepuluh gitaris listrik terbaik tahun 2009, dan menempati urutan ke-2. Sedangkan majalah Rolling Stone menmpatkannya pada urutan ke-65 dalam daftar gitaris terbaik tahun 2013.

Solo gitarnya di lagu November Rain mendapat pengakuan dari Guitar World yang menempatkan dirinya di urutan ke-6 dalam daftar seratus solo gitar terbaik tahun 2008. Selain itu intro gitar yang dimainkan slash pada lagu Sweet Child O'Mine menempati urutan pertama dalam daftar seratus riff terbaik versi Total Gitar. Dan yang pencapaian terbaiknya adalah menempati posisi ke-34 dalam daftar 50 gitaris terhebat sepanjang masa versi Gibson Guitar Corporation pada tahun 2010. Pada tahun 2012 Slash juga dicatat dalam Rock and Roll Hall of Fame sebagai anggota klasik Gun N' Roses.

Wow.. banyak sekali prestasi yang dicapai Slash ya gan.. Kagum.
Sebelumnya terima kasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa dishare ya.
dan klik icon google (+) di sebelah kanan layar anda untuk mengikuti Gomu Gomu Ku. Sampai jumpa di artikel berikutnya...

0 komentar:

Post a Comment